Maag – penyakit yg jg kuderita ;P

Maag penyakit yang sebenarnya saya derita juga. Kalau kambuh sakitnya minta ampun dan kalau parah bahkan makanan yang masuk pun dapat dikeluarkan kembali.

sebenarnya apa sih maag itu?

Maag sendiri secara medis dibagi 2:

  1. Gastritis : terjadi karena adanya radang di lambung sehingga dinding lambung bengkak, tp belum ada luka. disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas / asam atau bakteri atau virus.
  2. Stomach ulcer (tukak lambung) : tingkat lebih berat dari gastritis karena sudah ada luka di lambung dan terbentuk semacam lubang. disebabkan kerusakan mukosa lambung atau usus halus dan didalangi juga oleh si bakteri Helicobacter pylori. karenanya kalo udah terkena paparan tukak lambung dan bakteri tersebut, penderita juga diberi antibiotik.

Gejala yang umum yaitu timbul rasa panas seperti terbakar di bagian lambung. Penyebab umumnya karena pola makan yang tidak teratur, produksi asam lambung berlebih, herediter (diturunkan dari orang tua) dan diperparah oleh stres.

Pengobatan

Pengobatan dengan obat untuk maag dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Menurunkan konsentrasi asam lambung

a. Menetralkan asam lambung

Obat-obat yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung sudah familiar dikenal oleh masyarakat dengan nama antasida. Umumnya obat ini terdiri dari perpaduan Al(OH)3 dan Mg(OH)2. kenapa dipadukan? karena Mg(OH)2  sendiri memiliki efek laksatif (bikin mencret) sedangkan Al(OH)3 sendiri memiliki efek konstipasi. nah karenanya  kedua obat basa ini dipadukan untuk menutupi kelemahan masing-masing.

Selama ini obat jenis ini beredar dalam bentuk tablet kunyah dan suspensi. nah sebelum saya masuk farmasi kalo makan tablet kunyah antasid biasanya langsung ditelan😦 . untuk informasi antasid biasanya berupa tablet kunyah. kenapa? supaya efeknya cepat. dan untuk yang suspensi harus dikocok2 dulu biar obatnya homogen.

b. Inhibitor (penghambat) produksi asam

Obat jenis ini biasanya bekerja dengan cara mengeblok reseptor Histamin (pemicu sekresi asam lambung) yaitu H2  di lambung. Contoh obat ini misalnya cimetidine (generasi pertama H2 blocker namun mulai ditinggalkan karena banyak efek samping), ranitidine, nizatidine, famotidine (lebih aman dari cimetidine karena tidak melalui biotransformasi hepatik)

c.  Penghambat pompa proton

Pompa proton merupakan tempat keluarnya ion H+ yang membentuk asam lambung. Golongan obat ini lebih  poten daripada obat2 di atas karena memberikan inhibisi maksimal terhadap sekresi HCl. Biasanya diberikan per oral dalam bentuk kapsul selaput yang tahan asam lambung (karenanya obat ini tidak boleh dikeluarkan isinya dan harus ditelan utuh) supaya dapat mencapai sel parietal mukosa. contohnya: Omeprazole, Lansoprazole,  Pantoprazole.

2. Protektif

a.  Sukralfat

Sukralfat mengandung residu Al (OH)3 yang bukan untuk menetralkan asam lambung melainkan untuk membentuk lapisan di lambung yang melindungi dinding lambung dari asam, pepsin, tripsin dan asam empedu. karenanya sukralfat diberikan sekitar satu jam sebelum makan dan saat tidur. namun harus diperhatikan  penggunaan obat ini dapat menyebabkan konstipasi.

b. Misoprostol

Misoprostol merupakan semisintesis prostaglandin (senyawa yang dibutuhkan untuk proteksi mukosa lambung)  yang menyebabkan produksi mukus dan penghambatan asam lambung.

c. Carbonexolone

Obat ini menstimulasi produksi mukus lambung.

Pengobatan yang paling berkhasiat tentu datang dari diri kita sendiri: makan teratur & secukupnya, menjauhi makanan pedas dan asam, tidak stres serta berdoa🙂

About denikrisna

An ordinary boy. a future pharmacist

Posted on Oktober 22, 2010, in Pharmaceutical Stuffs and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. info yg bermanfaat!
    teruskan nulisnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: