Mince, superhero mulut

Kenalan dengan Mince

Mince? eits si mince ini bukan nama orang. Mince dalam artikel ini adalah minyak cengkeh hhe.

Minyak cengkeh merupakan minyak atsiri dari tumbuhan cengkeh (Syzygium aromaticum).

Nah sebenernya minyak cengkeh sendiri sebenarnya sudah lama digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan. Untuk pengobatan sakit gigi, biasanya minyak cengkeh dioleskan ke kapas trus ditempelkan ke tempat yg sakit. Jadinya rasa sakit itu mendingan dan penyakit gigi g tambah parah. Nah sebenernya apa aja kekuatan ajaib yang ada di minyak cengkeh?

Kandungan minyak cengkeh

Simplisia kuncup bunga cengkeh mengandung 16-21% minyak atsiri (minimum 15% v/b) dengan bobot jenis lebih besar daripada air. Kandungan minyak atsiri cengkeh antara lain:

  • Eugenol (70-96) %
  • Asetil eugenol dan seskuiterpen misalnya β-Kariyofilena sebesar 2-17%

Seperti yang dicantumin di atas eugenol merupakan kandungan utama di minyak cengkeh. Sebenernya eugenol g hanya didapat dari minyak cengkeh, ia juga dapat ditemui misalnya di kayu manis, sirih. Namun cengkehlah yang memiliki kandungan terbesar.

Pemerian eugenol menurut Farmakope Indonesia edisi IV :

Eugenol merupakan cairan tidak berwarna atau kuning pucat, baucengkeh kuat dan menusuk; rasa pedas; tidak memutar bidang polarisasi,bila terpapar udara warna menjadi lebih kuat dan mengental. Eugenolsukar larut dalam air; bercampur dengan air; bercampur dengan etanol,dengan kloroform, dengan eter dan dengan minyak lemak.

Khasiat Eugenol dalam minyak cengkeh

Seperti yg udah disebutin sebelumnya kalo minyak cengkeh itu udah lama digunakan untuk pengobatan tradisional sakit gigi. Kehebatan minyak cengkeh sebagai superhero mulut dikarenakan khasiat2 yg dimiliki kandungannya .

1. Analgesik dan antiinflamasi

Eugenol digunakan sebagai antiseptik pada obat kumur dan analgetik sertaantiinflamasi pada sakit gigi.

Mekanismenya adalah denganpenghambatan biosintesis prostaglandin oleh senyawa-senyawa fenolik (Azuma et al, 1985) (Ohkubo & Kitamura, 1997). Bisa jugafek anti inflamasi darisenyawa-senyawa fenolik termasuk eugenol adalah dengan penghambatanleucoyte chemotaxis (Azuma et al, 1985).

Secara in vivo dan in vitro,eugenol memiliki mekanisme hampir sama seperti capsaicin yaitumenstimulasi pelepasan substance P (SP) pada saraf tulang belakang yangmenyebabkan vasodilatasi dan efek analgetik. (Ohkubo & Kitamura,1997)

Nah itu alasan kenapa rasa sakitnya berkurang waktu dikasih minyak cengkeh

2. Anti jamur

Jamur di mulut? Mungkin banyak dari kita yg g mengalaminya atau bahkan g pernah denger.

Salah satu flora normal di tubuh adalah jamur Candida albicans dimana dalam keadaan normal dia tidak membahayakan tubuh manusia. Nah kalo ada yg salah ama jamur ini misalnya overpopulasi maka dapat nyebabin penyakit yang namanya kandidiasis. Mungkin waktu denger nama jamur ini penyakit yg terlintas adalah keputihan. Tp selain itu kandidiasis bisa juga ada di mulut atau bahkan sistemik. Kandidiasis di mulut disebut juga Thrush.

Pada kasus bayi yg menderita penyakit ini, dapat juga disebabkan oleh dotnya yang kurang bersih.

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan baik secara in vitro maupun in vivo menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh memiliki efek penghambatan Candida albicans. (Mallek et al, 1994; Taguchi et al, 2002; Nzeako et al, 2006). Mekanisme antijamur antara lain mengganggu fungsi membran sel, menghambat sintesis kitin, sintesis asam nukleat dan protein serta menghambat produksi energi oleh ATP. (Marsh, 1977; Griffin, 1981).

Ada satu jurnal yg saya baca yg isinya mengulas ttg uji in vivo minyak cengkeh terhadap Candida albicans pada mencit. ada gambar2nya juga tp g brani saya taruh di sini takut hak cipta hhe. Kalo mau download jurnal yg saya maksud itu, silahkan klik disini.


3. Antibakteri mulut

Kan kita tau kalo di mulut kita banyak bakteri dan kawan2nya, si eugenol inilah lawannya.

Banyak penelitian yang membuktikan potensi dari eugenol sebagai antibakteri. salah satunya yang dilakukan oleh pak Newman et al yang melakukan percobaan in vitro efek eugenol thd mikroba2 mulut. Hasilnya eugenol mampu membunuh hampir semua mikroba mulut.

Sebenernya efek eugenol g hanya pada pengobatan mulut saja, masih banyak kegunaan minyak cengkeh untuk pengobatan2 lain. Tp untuk kali ini cuma dibahas yg untuk mulut saja😀

 

Daftar Pustaka

Anonim, 1995, Farmakope Indonesia, Edisi IV, Departemen KesehatanIndonesia, Jakarta

Azuma Y, Hashizume I, and Takagi, N, (1983), The AntiinflammatoryAction of Superoxide Dismutase Role of Superoxide Anions inLeukocyte Chemotaxis, Jpn J Inflamm 3

Mallek, Abdel, M. M. K. Bagy, H. A. H. Hasan, (1994), The In Vitro Anti Yeast Activity of Some Essential Oils, Journal of Islamic Academy of Sciences 7, 1

Newman, Michael G, Charles Hulem, Judith Colgate, and Carlan Selmo, (1979),  Antibacterial Susceptibility of Plaque Bacteria, Journal Dental Research, SAGE

Ohkubo T, Shibata M, (1997), The selective capsaicin antagonistcapsazepine abolishes the antinociceptive action of eugenol and guaiacol, Journal Dental Research 76:848-851.

Taguchi, Yuuki, Hiroko Ishibiasi, Toshio Takizawa, Shigeharu Inoue, Hideyo Yamaguchi, Shigeru Abe, (2005), Protection of Oral or Intestinal Candidiasis in Mice by Oral or Intragastric Administration of Herbal Food, Clove (Syzygium aromaticum), Jpn. J. Med. Mycol. Vol 46, 27-33


About denikrisna

An ordinary boy. a future pharmacist

Posted on November 16, 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. mau kasih masukan daftar pustaka.
    1. kalo di ambil dari jurnal, maka judul artikelnya gak miring, justru nama jurnalnya. contoh:
    Azuma Y, Hashizume I, and Takagi, N, (1983), The AntiinflammatoryAction of Superoxide Dismutase Role of Superoxide Anions inLeukocyte Chemotaxis, Jpn J Inflamm 3

    2. Di dapus jg udah gak et al lagi, tp semua penulis disebutin semua

  2. ini liat contoh penulisan di pkm, wah brarti kurang tepat ya. ok makasih koreksinya mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: