dont gimme R, dont gimme O, dont gimme K, dont gimme O, dont gimme K!!!

“Saya sudah ngrokok sejak kelas 4 SD. Sampe sekarang saya g apa2!!” kata bapak itu sambil membanggakan dirinya

“Iya Pak, tp itu efek dari rokoknya tiap orang beda, bisa aja ada yg 40 thn, 30 dll,” jawab kita menjelaskan

“Tapi saya lebih milih ngrokok daripada makan. bikin kenyang jg!” sahut bapak itu tak mau kalah

“sudah mas mbak, dia udah g bisa dibilangin kalo masalah rokok,” ujar istrinya dengan ekspresi putus asa

Suaminya tersenyum bangga atas perkataan istrinya itu

Dialog di atas bukan cuplikan film atau video, tapi kejadiian nyata yg kita alami saat World No Tobacco Day tanggal 31 Mei 2010. Saat itu seperti tahun2 sebelumnya FK, FKG dan Farmasi mengadakan acara bareng. waktu itu  sasaran kita long march sepanjang malioboro dari stasiun tugu sampe km 0. Sepanjang jalan meneriakkan orasi anti rokok, bawa spanduk dan nyanyi yel2 anti rokok. saat di km 0 massa dipecah, kita dibagi jadi kelompok2. Tujuannya untuk menemukan masyarakat yg lagi ngrokok dan membujuk mereka untuk menukar 1 batang rokok dengan sebatang coklat.

Well waktu itu aku lupa ama siapa aja hhe, trus kita datengin satu2 nyisir warga yg ngrokok. trus beri penjelasan juga bahaya rokok dll. Alhamdulillah orang2 yg kita datengi dengan suka rela menukarkan rokoknya dengan coklat yg harganya jauh berbeda (lebih mahal rokoknya hhe). bahkan ada 1 bapak yg memberikan masukan2 agar negeri ini bebas dari rokok (salut untuk bapak yg jualan di depan gedung BI d^^b)

Dan saat itulah di depan monumen perjuangan 11 maret bapak itu mendatangi kita. Dan seperti dialog di atas bapak itu mengajak kita debat. Yah sebenernya tujuan kita bukan ngajak debat perokok tp mengingatkan ==”

Yah pokoknya poin yg kita tekankan ke orang2 yg kita temui (terutama bapak itu :P) adalah ngrokok terserah. tp tolong keluarganya jangan dibagi asapnya!

Walau bapaknya masih ada uneg2 di tenggorokannya yg belum sempat dikeluarkan dengan kata2 setajam silet, kita akhiri perbincangan. masih banyak orang yg bisa disadarkan ==b

Dari cerita di atas sih poin yg ingin kutekankan adalah:

  1. sebenernya ada bapak2 yg sadar klo ngrokok itu salah. tp yah karena masih bebas n negara g berbuat apa2 jadi beli aja
  2. anggapan bahwa rokok itu lebih penting daripada makan. Kalo anda lajang it’s ok. buat perut sendiri. tp kalo udah berkeluarga? Halo itu anak dan istrinya dibeliin beras ya bukan asap rokok
  3. pihak keluarga sampe pasrah kalo ada keluarganya yg ngrokok. Terbukti istri orang yg kami temui sampe mengucap bahwa usaha kami percuma. I dont know is he a block or sth worse? sampe istrinya ngomong gitu kan brarti selama ini g didengerin ama suaminya. well g mau ikut campur urusan rumah tangga orang tp saya mendoakan smg dia bertobat

 

Rokokku berfilter loh!

yah selama ini jurus itu sering dipakai oleh produsen dan orang yg addicted ama benda 1 ini.

“Gak papa kok, yg ini berfilter”

“Kalo berfilter lebih aman”

Yah begitulah selama ini justifikasi yg dipakai. Sebenarnya filter macam apa yg dipakai? Ehhmmm.. would u answer:

  • filter yg berukuran kecil!

lah kalo ukurannya kecil emang yg disaring apaan? partikel yg berukuran besar kan? trus partikel apa yg disaring?

  • filter yg merekatkan zat berbahaya!

gimana caranya merekatkan zatnya? berdasarkan stereokimianya atau apa? atau ada kromatografi mini di ujung rokok ==”

  • g tau filternya, tp bikin rokok aman dikonsumsi!

haha emang rokok coklat? let’s think about it guys! kandungan rokok ada banyak, apa yg bisa menseleksi zat mana yg berbahaya mana yg tidak? mana ada alat yg dipasang di rokok yg tau ‘oh ini nikotin, jangan diteruskan ke mulut pemakai’ ,  ‘oh ini bahan pembuat cat gpp terusin aja biar bikin sedap ngisepnya’

dan yg terbaru ada berita yg mengatakan bahwa filter rokok mengandung hemoglobin dari babi. Nah lho!

 

Perokok aktif: Aktivis pembuat orang lain sakit?

maaf ya kalo judulnya nyelekit gini, tp saya paling geram ama yg satu ini.

Perokok aktif dan pasif.

Anda pasti tahu kan namanya perokok aktif? Yep, orang yg menghisap rokok dan menggunakannya.

trus ada lagi? Ya ada namanya perokok pasif!

mereka orang yg ‘beruntung’ mendapat limpahan asap rokok dari perokok aktif yg tak tau diri ngrokok di deket mereka. tak jarang perokok aktif mengebul2kan asapnya sok keren sementara orang lain harus menutup mulut dan hidungnya menghirup zat racun tersebut.

It’s not fair!

Ada kata2 yg saya denger dari salah 1 tmn saya dan menggambarkan keadaan sekarang. kurang lebih bunyinya seperti ini:

Perokok telah diberi tempat khusus yaitu ruang ngrokok. jadi mereka bisa ngrokok sepuasnya di dalam ruang itu.

Tapi, mereka tidak memberi udara yg bersih bagi mereka yang merokok

Do u get what I mean? maksudnya adalah selama ini para perokok telah mendapat ruang tersendiri, ruang khusus untuk ngrokok. untuk mengebul2kan asap rokoknya dengan sesuka hati. noone disturbed. kalo yg ngirup asap rokok ya sesama block yg jg perokok.

sementara itu saat mereka ada di tempat umum, mereka tetap mengebul2kan asap rokoknya. Bukankah mereka telah mendapat tempat khusus untuk merokok sesuka hati?

Tapi kenapa mereka tetap merebut udara bersih dari orang2 yg tidak merokok?

Perokok pasif jadi korban

setiap tahun 600.000 orang meninggal, menjadi korban akibat rokok. Dan mereka itu adalah perokok pasif!

bukan jumlah yg sedikit kan? tidak adil mereka yg tidak merokok jg harus ikut menanggung resiko dari rokok

Salah satunya yg kemarin meninggal: http://www.detikhealth.com/read/2010/12/30/163822/1536216/763/tika-gadis-manis-yang-meninggal-karena-jadi-perokok-pasif

 

Berawalan R (Rasa nikmat) diakhiri K (Kematian) = rokok

Saya yakin kalo benda satu ini sudah tidak asing bagi anda semua. baik dari toko milik warga sampe hipermarket jual yg namanya benda 1 ini.

Komposisinya?

Kalo ingin liat yg bagus2 tanpa ada penjelasan lebih lanjut: cukup baca bungkus rokok. anda akan lega karena nama kimianya keren2

Kalo ingin tau yg sebenarnya: browsing sudah cukup. berapa banyak bahan pembuat cat, ter, kutek maupun bahan2 karsinogenik yg ada di dalam rokok. tambah lagi cari penyakit yg disebabkannya baik short term maupun long term. U will be surprised!

Being happy of it

Saat merokok katanya perasaan sedih dll hilang ya? trus juga untuk ngusir ngantuk juga bisa. Nah itu kenapa bisa terjadi? perhatikan video ini:

Nah saat asap rokok melanglang buana masuk ke dalam tubuh, tentu tubuh akan terpengaruh. salah satunya adalah kelenjar adrenal. Kelenjar ini akan melepaskan hormon adrenalin dan akibatnya? denyut jantung meningkat.  selain itu di otak dilepaskan juga dopamin, senyawa kimia yang menyebabkan rasa euforia, rasa senang.

Nikotin dalam rokok dapat juga menyebabkan nicotine withdrawal. Sifatnya addiksi bikin ketagihan dengan dosis yg lebih dari kemarin (mirip kaya narkoba).

Jadi misalnya hari ini 1 batang udah ilang capek dll. eh minggudepannyaa 1 batang g mempan, tambah jadi 2. dst

Nah kalo gitu bukannya morotin diri sendiri jg kan?

Oksi-hemoglobin vs karboksi-hemoglobin

Di sel darah merah ada namanya hemoglobin, yaitu unit yg bertanggung jawab untuk ngangkut oksigen yg dihirup manusia. seperti yg kita tahu oksigen nantinya diperlukan untuk respirasi aerob untuk membentuk energi (hayo liat bioselnya)

Nah kalo ente ngrokok, ada namanya karbonmonoksida yg masuk jg. karbonmonoksida memiliki afinitas untuk berikatan dengan hemoglobin lebih tinggi daripada oksigen. maksudnya? jadi saat perokok menghisup rokok sruuuuup karbonmonoksida masuk ke dalam tubuh masuk ke saluran pernapasan-> alveolus. di sana, terjadi pertukaran udara dan karbonmonoksida bisa masuk ke blood stream. nah di aliran darah kan ada oksigen juga. karbon monoksida bisa mengusir oksigen yg sudah berikatan dengan hemoglobin, sehingga ialah yg berikatan dengan hemoglobin. nah lho racun nyebar deh!

Mutasi

salah satu pertanyaan terpintar (hhe) yg dilontarkan kepada saya adalah:

kenapa ngrokok bisa bikin mutasi? bukannya tubuh bisa memperbaiki mutasi

setelah saya cari2 ada beberapa jurnal yg menjelaskan. begini, efek dari asap rokok general baik untuk perokok aktif maupun pasif.

Mekanismenya?

Asap rokok menyebabkan mutasi pada protein p53. Baik yg belum tau, p53 adalah cancer-suppressing gene atau gen yang mencegah terjadinya kanker. salah satu caranya adalah dengan menginduksi adanya apoptosis (kematian sel terprogram). lengkapnya liat di video berikut:

Yang mana paru2 anda?

yang putih di kiri atau yg ada flek2 item di kanan?

atau ini?

keduanya adalah paru2 perokok. yg kiri ada empysema dan yg kanan kanker.

 

What to do?

Berhenti merokok bukanlah hal yg mudah. karenanya hubungi dokter / tenaga kesehatan dan konsultasikan tentang keinginan anda berhenti merokok. Jika ada keinginan everything is possible! inc to stop of smoking

Ah masih lama, I wont suffer sth like that

Itu hak anda sih mau ngrokok g nya. tp yg saya tekankan adalah. JANGAN BIARKAN ORANG LAIN MENGHIRUP ASAP ROKOK ANDA!

 

About denikrisna

An ordinary boy. a future pharmacist

Posted on Desember 31, 2010, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: