Asia Pasific Pharmaceutical Symposium 2012 in Taiwan!

Halo! It’s been along time no new post in this blog. Jadi hari ini mau bagi-bagi cerita tentang perjalanan kami ke Taipei, Taiwan dalam rangka 11th Asia Pasific Pharmaceutical Symposium (APPS).

APPS?

Alkisah ada sebuah organisasi buat mahasiswa farmasi seluruh dunia: International Pharmaceutical Students’ Federation (IPSF). Organisasi yang lokasi kantornya di Den Haag, Belanda (keren cuy) ini sekarang udah punya anggota sekitar 70-an negara di seluruh dunia!

Image

Banyak aktivitas-aktivitas dari IPSF yang dilaksanain di negara-negara tersebut, mulai dari kampanye kesehatan, lomba, rapat, simposium sampe pertukaran pelajar! Acara tahunan meliputi pertemuan tingkat benua dan world congress. APPS contohnya pertemuan buat mahasiswa farmasi se-Asia Pasifik yang tahun ini berlokasi di Taipei, Taiwan. Tahun depan APPS akan diadakan di Jepang!

KEGIATAN?

Trus ngapain aja dong di Taipei? Banyak! Selama 5 hari kita bangun pagi – tidur tengah malem.

Ada welcome party, workshop, simposium, rapat sampe ngenalin budaya kita di International night!

I will try to sum up apa yg terjadi di Taipei kemarin, check it out.

WELCOME PARTY

Acara ini isinya games-games keren dari panitia. Ada yang kita main harus nyari orang dengan nama yang harus dicari (bayangin nyari di 200an orang) dan kuis. Trus ada juga penampilan dari panitianya (sebutannya RC, reception committee) dan sesosok makhluk berjubah dan bertopeng yang bisa ngerubah-ubah warna topengnya yang ternyata pas dibuka topengnya adalah ibu-ibu. Keren!

Waktu itu kita disuruh pake seragam, nah untuk delegasi dari UGM kita kompakan pake baju softball farmasi :)

SIMPOSIUM

Simposium itu kaya seminar. Di APPS ini ada 4 simposium:

  1. Pharmacist Responsibilities to Society, pembiacaranya Prof. Oliver Yoa-Pu Hu, Ph.D, FAAPS, Minister without Portofolito, Examination Yuan, Taiwan
  2. Drug Safety and Pharmacist Responsibility Education, pembicaranya dari Taiwan Food and Drug Administration (BPOMnya taiwan)
  3. Medication Safety Beyond Hospital: The Role of Pharmacist, pembicaranya profesor dari Universiti Sains Malaysia
  4. Asia Pacific Pharmacy Education, pembicaranya profesor dari National University of Singapore

WORKSHOP

Di APPS ada beberapa workshop yang dapat dipilih oleh peserta, ada workshop untuk persiapan lomba seperti Pre-PCE workshop bagi mereka yang mau ikut Patient Counseling Event dan CSE atau Clinical Skills event.

Ada juga CP Workshop bagi Contact person masing-masing asosiasi, SEO Workshop untuk Student Exchange Officer dan PPAC (Pharmacy Profession Awareness Campaign)

Alhamdulillah kemarin diminta bawain SEO Workshop bareng sama SEO Korea.

REGIONAL MEETING

Sesuai namanya Regional Meeting (RM) ini merupakan pertemuan antara Official Delegation setiap asosiasi dari negara-negara Asia-Pasifik.Dari UGM yang kemarin jadi Official Delegation ada Ian (ketua BEM), Anggie (Contact Person) dan aku (Student Exchange Officer). Ada juga Rian sebagai Regional Project Officer (RPO) IPSF APRO.

Kemarin ada 3 RM:

  1. RM 1: isinya laporan pertanggung jawaban dari RWG (Regional Working Group) atau pengurus IPSF Asia-Pasifik
  2. RM 2: berisi laporan pertanggung jawaban dari masing-masing asosiasi dari masing-masing negara
  3. RM 3: pemilihan pengurus baru IPSF APRO, penunjukan sub-committee dan apa yang menjadi focus project (program apa yang menjadi prioritas negara2 asia pasifik) setahun berikutnya

Pas bawain report BEM KMFA UGM, kita juga muter video yang udah kita buat & minta dukungan teman2 buat dukung kita bidding world congress 2014.

muka kita -___-

RM

DF AUCTION

Di acara ini dilelang berbagai barang dari berbagai negara. Uang hasil penjualannya digunakan untuk dana IPSF DF (Development Fund). Yang ngurusin acara ini anak-anak Leaders in Training (LIT), jadi inget tahun lalu :”)

FIELD TRIP & NGO VISITING

Di kesempatan kali ini kita diberi kesempatan buat ngunjungi rumah sakit2 atau NGO (indonesianya LSM)

Kemarin dari UGM sengaja kita bagi ke tempat yang beda-beda, ane kebagian kunjungan ke Taipei City Hospital yang bagian TCM. Jadi di sini kita ditunjukin pelayanan resep TCM, bagaimana mengidentifikasi herba yang benar, dan cara mengemas TCM menjadi sediaan modern.

Ada juga yang kemarin ke Sunshine foundation, ini LSM bagi mereka yang terkena sun burn.

Pressure garment

ada juga yang ke LSM yang peduli ke penderita HIV/AIDS.

EXPLORE TAIWAN

Super duper keren! Seharian kita jalan-jalan ke berbagai tempat yang keren😀

  1. National Palace Museum, museum yang letaknya kaya istana di dalemnya ada koleksi-koleksi benda kebudayaan China. Mulai lukisan, keramik, pahatan dll. yang paling terkenal katanya pahatan jade berbentuk kubis.

    di depan National Palace Museum

  2. Diteruskan ke Taipei Expo Park. Di sini ane kesasar sendirian -____-. Pertama kita masuk ke Pavilion of Dreams dimana kita berpetualang membantu serangga. Kita dikasih gelang yang harus di charge di point tertentu trus kita gamenya kaya nepuk-nepuk madu, bikin bunga berjoget hahaha. Trus kita ke Pavilion of Taipei yang nunjukin Taipei di masa depan.
  3. Lanjut ke Chiang Kai-shek memorial hall, yang keren banget. Semacam persembahan buat mantan presiden yang bernama sama.

    The Raid (?)

  4. Yang paling keren, kita nerbangin SKY LANTERN! Kita naik ke gunung yang nggak ada dingin-dinginnya sama sekali, trus ada games “Old McDonald Had a farm” lanjut ada yg nari pake obor lanjut dibagi jadi kelompok-kelompok masing-masing kelompok dikasih sky lantern. Kita nulis our wishes di sana trus nantinya dinyalain dan diterbangin bareng-bareng, I can say nothing :”)

    sebelum nerbangin

    momen-momen penerbangan :”)

    maaf backgroundnya hahahaha

    GLOBAL VILLAGE NIGHT

    Di acara ini masing-masing negara nunjukin kebudayaan / pertunjukan.

    Dari Indonesia kita nampilin: Saman (UGM), Tari Bedana (ITB), Sajojo (UNPAD), Tor-Tor (UI) lanjut Tor-Tor bareng-bareng

    Saman

    Sajojo

    Bedana

    Dari negara-negara lain:

    Jepang

    Malaysia

    Thailand

    Well mungkin segitu aja dulu ya yang bisa diceritain, terima kasih pada RCs for wonderful job! One of the best memory I had and will not be forgotten forever🙂
    Next year APPS:

    Viva la pharmacie

About denikrisna

An ordinary boy. a future pharmacist

Posted on Juli 22, 2012, in Taipei-Taiwan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. untuk pendanaan perginya apakah dana sendiri?

  1. Ping-balik: Melancong ke Taiwan – ingatan random « Denikrisna's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: